Jumat, 07 Januari 2011

Tunggangan Orang Kaya Dunia

Koran SI
Minggu, 24 Oktober 2010 - 11:51 wib
Mobil Rolls-Royce (Foto: Daylife)

UANG boleh berlimpah, tapi gaya hidup tidak selalu mewah. Demikianlah sebagaimana ditunjukkan oleh beberapa orang superkaya dunia. Warren Buffet misalnya, raja investasi asal Amerika Serikat (AS) ini justru hanya menggunakan Lincoln Town tahun 2001.

Mobil yang sangat sederhana untuk sekelas orang terkaya ketiga di dunia. Tidak berbeda dengan Ingvar Kamprad, pengusaha furnitur asal Swedia ini malah sering memilih menggunakan bus umum untuk mengontrol bisnisnya. Dia hanya memiliki mobil tua Volvo 240 GL. Namun tidak sedikit orang kaya-raya yang menikmati hidupnya dengan kemewahan, termasuk dalam urusan mobil. Dalam catatan MSN Autos (7/10/2010) dipaparkan tentang beberapa orang superkaya dan koleksi mobilnya.

Di antaranya adalah Warren Buffett. Raja investasi dari AS ini memiliki kekayaan USD49,9 miliar. Buffett merupakan orang terkaya ketiga di dunia, tapi untuk urusan gaya hidup dia sangat hemat. Buffet memiliki Lincoln Town Car tahun 2001. Bahkan, pada 2007 Buffet menjualnya melalui eBay sebesar USD73.200. Penjualan ini menguntungkan USD11.000 yang kemudian hasilnya disumbangkan untuk amal.

Kemudian Mukesh Ambani, seorang pengusaha petrokimia dan minyak India dengan kekayaan USD30,6 miliar. Orang terkaya India ini tidak asing dengan kemewahan. Rumahnya 27 lantai menjulang di jantung Kota Mumbai, India. Pemilik Reliance Group ini memiliki ruang parkir untuk 168 mobil. Ambani saat ini memiliki Mercedes Maybach 62 seharga Rp11 miliar. Dia juga memiliki Mercedes S Class dan Mercedes SL500.

Sementara Lawrence Ellison, pemilik Oracle, AS, yang tercatat memiliki kekayaan USD 29,8 miliar, memiliki mobil Bentley Continental Flying Spur tahun 2006. Sedan empat pintu ini bisa dipacu 320 km per jam, salah satu mobil tercepat dunia. Pendiri software Oracle, Larry Ellison, mungkin yang paling eksentrik dan boros. Ia memiliki pesawat tempur MiG bikinan Rusia dan perahu layar mewah. Pengusaha tambang dan minyak Brasil Eike Batista tercatat memiliki kekayaan USD29 miliar.

Sebagaimana Larry Ellison, baik dari segi kekayaan maupun gaya hidup, pengusaha minyak asal Brasil ini memiliki jet pribadi Legacy Embraer 600 seharga USD26 juta. Dia juga memiliki kapal pesiar mewah Pershing 115 seharga USD19 juta dan perahu balap USD1,7 juta. Adapun untuk mobil, dia memiliki Mercedes-Benz SLR McLaren seharga USD500.000 yang diparkir di ruang tamunya di Rio de Janeiro.

Sementara pengusaha furnitur IKEA, Swedia, Ingvar Kamprad yang tercatat memiliki kekayaan USD23 miliar hanya memiliki mobil tua. Jika Anda berpikir Warren Buffet sangat hemat, Ingvar Kamprad jauh lebih hemat. Pendiri IKEA yang kekayaannya beda tipis dengan Ellison dan Batista bergaya hidup jauh beda. Dia hanya memiliki Volvo tua 240 GL. Sementara Alice Walton, generasi penerus Wal-Mart, AS, memiliki kekayaan USD20,6 miliar.

Ahli waris Wal-Mart ini memiliki hobi yang ekstrem. Dia senang menunggangi pikap besar. Saat ini dia memiliki Ford F-150 King Ranch tahun 2006. Sebelumnya dia terkenal dengan kemewahan melalui koleksinya Porsche. Dari Timur Tengah, ada Pangeran Alwalid bin Saud al-Talal yang memiliki kekayaan USD20 miliar. Dia memiliki tiga istana, kapal pesiar seharga USD500 juta, serta pesawat pribadi Boeing 747 dan Airbus A380. Di jalanan dia menjadi ”raja” dengan Rolls-Royce Phantom miliknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar